June 25, 2015

Fakta kebiasaan bulan ramadhan di Indonesia

Negara Indonesia memiliki kebiasaan unik ketika momentum ramadhan tiba. Kebiasaan bulan ramadhan ini tidak hanya dilakukan oleh anak kecil, namun dewasa pun turut ikut serta. Kebiasaan bulan ramadhan ini pasti terjadi ketika bulan puasa datang. kadang kala kita pun bisa menemukannya di media social seperti facebook dll meskipun hanya sekedar post belaka ataupun upload foto.

Bulan penuh keberkahan ternyata memberikan dampak perubahan kebiasaan dinegara indonesia. ada yang positif maupun negatif tapi tak bisa dipungkiri itu sudah membudaya di negara kita sob hehehe  :D  . apa saja yuk cekidot 

1. Bukber ( buka bersama )

Buka bersama biasa disebut dengan kata bukber oleh warga indonesia ini menjadi trend pada saat menjelang bulan ramadhan. Bukber ini kerap kali terjadi disetiap hari dibulan ramadhan dan biasa dilakukan diberbagai tempat, yang pastinya dilaksanakan dirumah ataupun ditempat rumah makan karena identik dengan berkumpul antar sesama teman ataupun orang lain.

Baca juga " Paket Internet Murah NetMax Tri untuk Ngeblog "

2. Saur on the road

Saur on the road juga masuk kedalam nominasi fakta kebiasaan bulan ramadhan di indonesia. Terkadang orang indonesia membarengkan acara bukber dengan saur on the road, apalagi bareng karib lama / komunitas tertentu.

3. Reuni

Tak bisa dipungkiri ternyata reuni tidak hanya dilakukan di lain waktu akan tetapi bulan ramadhan mampu menjadi solusinya. Nah yang satu ini biasanya melakukan bukber dan saur on the road dalam rangka acara reuni sebab pada bulan tersebut teman kita kebanyakan memiliki waktu luang untuk berkumpul bersama.

4. Membangunkan orang sahur

Dari anak-anak hingga dewasa dibelahan kampung yg ada di indonesia melakukan rutinan ini. Rutinan ini menjadi sebuah keasyikkan bagi masyarakat. 

5. Harga makanan pokok naik

Tidak tahu kenapa menjelang bulan ramadhan tiba harga makanan pokok naik terlebih bila hari raya idul fitri mendekat. Mulai dari sayur-mayur ataupun lainnya meskipun naiknya tidak signifikan.
Maybe dari lima perkara diatas sering sobat temui. itulah fakta kebiasaan bulan ramadhan di indonesia. jika sobat mempunyai fakta berbeda boleh untuk mengomentari jika berkenan, untuk menyempurnakan artikel ini  :)

Meskipun indonesia memiliki kebiasaan hal unik ini, menunjukkan bahwasannya rakyat indonesia sungguh kreatif. diluar negri kita belum tentu serupa dengan apa yg dilakukan oleh negara tercinta ini. yaaa gak ?

Previous Post
Next Post

Ada catatan karena ada impian, ada alasan karena ada Harapan, dan semua itu membuat kita terus Berjalan :)

41 comments:

  1. selama kegiatan itu positif menurut saya sih ga apa2 mas.
    yang penting niat berpuasa di bulan ramadhan harus mutlak karena ALLAH S.W.T.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul kang reo , kalo positif lanjutkan saja jangan diberhentikan :D

      Delete
  2. Yang paling sering sih bukber....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah bukan sering tpi kudu tiap bulan puasa mesti ngjalanin :D

      Delete
  3. fakta #membangunkan orang sahur,.......

    ditempat saya kalo udah jam 1 keatas, dipastikan setiap 30 menit sekali pasti ada orang tongtek................

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti bangunin orang saurnya berkala , setiap 30 menit sekali

      Delete
  4. haha, bener banget tuh .. itulah kebiasaan negara indonesia :D hihi
    tapi ada bagusnya juga, bisa ketemu lagi sama temen-temen lama tuh :) ada manfaatnya juga jadi mempererat tali silaturahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi erat lagi dah ya tali pertemanan kalo gitu :D

      Delete
  5. Kalau sahur on the road aku belum pernah merasakannya, dari tahun ke tahun juga selalu dan selalu sahur di rumah aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti juga ngersain bareng pasangan ko ewwkwkw :D

      Delete
  6. ada ronda rutin untuk mbangunin agar sahur tuh yg paling asyik mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti pemgalaman ya mas yan hehe... :)

      Delete
    2. dulu sih waktu masih bujang sering banget ngelakuinnya mas. :D

      Delete
  7. Main petasan juga mas... Sering tuh pas teraweh ada denger bunyi bom..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah bocah pitik yang sering maen ya :)

      Delete
    2. Iya, pengennya saya samperin gitu.. mau ikutan. :)

      Delete
  8. fakta yang ngga pernah bisa dihindari dan berubah setiap tahunnya adalah harga sembako melonjak tak tentu rimbanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bner harga semobako harusnya murah ya , biar tingkat kesehatan orang indonesia tinggi :)

      Delete
  9. saya suka semuanya kecualai nomor 5. hehehe
    soalnya g ada tunjangan rmadan.

    ReplyDelete
  10. udah lama ane nggak buka bersama teman2 ane, kangen banget ane ma mereka haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaudah kang ubed , bikin skejul ngumpul aja biar bisa bareng lagi

      Delete
  11. Bukber sudah jadi tradisi disaat bulan puasa ramadhan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah wajib diadakan atuh :D

      Delete
    2. Saya masih belum pernah buka bersama sejak awal puasa bulan ini..

      Delete
    3. masa sendirian terus kang buka puasanya =D yang lain pada kemana yaaa

      Delete
  12. wah, kayaknya semuanya bakal dilakuin nih selama bulan puasa ini.. hehhe

    ReplyDelete
  13. biasanya kalo bukber suka sekalian reunian... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener , alesan kumpul yg tepat ya itu menggabungkan nya

      Delete
  14. kalau saya dan keluarga biasanya melakukan rutinitas BUKBER mas dan itu ndak pernah saya lupakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. indah ya mas kalo bukber bareng keluarga :D

      Delete
  15. paling ganggu yang bangunin sahur

    ditempatku kadang jam 2 anak-anak tuh udah pada keliling sambil mukulin gendang sama besi. ini biasanya cuma di awal puasa aja mereka kelilingnya

    sekitar setengah 4 barulah orang dewasa yang keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di akhir puasa mah udah pada ilang ya mas ... :)

      Delete
  16. Faktanya pada nahan lapar dan haus, Mas. Ada fakta lagi, kalo sehabis Isya pada salat Tarawih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo abis sholat isya itu pada tarawih berarti nyata =D

      Delete

Terima kasih telah berkomentar