June 29, 2015

Ternyata Masih banyak oknum penipu lohh !!!

Khoirun naim - Oknum penipu kerap kali terjadi dilingkungan kita. Biasanya penipu ini mengatas namakan perusahaan-perusahaan besar. Bahkan saking pintarnya untuk menipu, bukti sebagai bentuk kepercayaan dilakukan sedemikian rupa. ada yang berupa surat kepolisian ataupun yang lainnya.

Jenis penipuan pada dasarnya terdapat banyak tipe, akan tetapi yang sering ditemui itu berupa undian hadiah. entah hadiahnya mobil, motor, maupun uang semata dan biasanya melalui jalur pesan singkat atau SMS.

Tepat pukul 11 kurang satu menit tanggal 29/06/2015 saya mendapatkan sebuah sms menarik. Pesan singkat itu berbunyi " Pelanggan Yth, saya Fitriani operator three, telah menghubungi anda tapi tidak tersambung maka dari itu informasi ini saya sampaikan lewat sms sebelum  hadiahnya jatuh tempo. Selamat, nomor anda menang undian dari program kejutan ramdahan. Nomor undian 254772 segera hubungi kantor Three jakarta. Tlp 089519369xxx info www.gebyarramadhan.jimdo.com ".

Secara nyata sms itu masuk kedalam hp saya, karena saya memakai hp butut jadi gak bisa di screenshoot dehh  :D  .  Secara tiba-riba namun sebentar rasa senang di dalam hati pun ada. Sebab ini berupa hadiah, yang terpikir mungkin ini adalah rezeki anak sholeh dibulan ramadhan hehehe ...

Ternyata hadiahnya bohong, padahal ketika saya mengecek link yg terdapat pada sms mendapatkan sebuah mobil toyota yaris mantap gak tuh . Kenapa bisa dikatakan bohong. simple aja deh ngejawabnya .... link blognya blog gratisan hehehe .... mana ada pihak perusahaan membuat program berhadiah menggunakan blog gratisan, udah begitu ketika mampir ke alamat website resmi perusahaan pihak terkait di dalam sms dapet gambar begini

oknum penipuan via sms dengan alesan pemberian hadiah

Untuk mencari benar atau tidaknya hadiah itu maka saya memeriksanya. Cara mengecek penipuan via sms  versi saya adalah sebagai berikut

1. Nomor Telponnya

Jika perusahaan memberikan hadiah biasanya memakai nomor khusus. seperti hanya 4 digit angka nomor telpon atau setidaknya nomornya cantik / gampang diapalin. akan tetapi jika pihak perusahaan memberikan hadiah gak mungkin sms dan pastinya dia menelpon pemenangnya.

2. Kunjungi websitenya

Dalam mengunjugi websitenya ini terdapat 2 pengecekan . yang pertama mengecek website situs resmi alias pihak perusahaan, dan yang kedua website yg diberikan pada sms

3. Lihat kalimat isi pesan

Pada isi pesan singkat dijelaskan bahwasannya dia telah menelpon nomor saya, padahal hp saya selalu aktif. gak mungkin lah jika dia nelpon tidak masuk.

Saran ketika menemukan hal serupa

jangan mudah percaya dengan hal semacam ini cobalah untuk mengeceknya atau jika bisa untuk diabaikan saja. Undian hadiah penipuan ini biasanya menyuruh kita untuk melakukan tranfer uang dengan dalih agar hadiah bisa diambil secepatnya.

Berhati hatilah kawan penipuan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta berbagai macam bentuknya. Tak memandang siapapun itu korbannya. Perkara kelalaian merupakan tonggak awal berjalan mulusnya penipuan. 
Previous Post
Next Post

Ada catatan karena ada impian, ada alasan karena ada Harapan, dan semua itu membuat kita terus Berjalan :)

36 comments:

  1. Dapet sms penipuan gini mah sudah makanan sehari-hari. Maunya tuh dikerjain balik gitu si tukang penipu biar kapok.
    Mau tanya nih mas,, Kelopisian itu apa yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibalikin malah gak dianggepin kita -_- ..
      itu typo gan maaf , udah saya ganti ko hehe :D

      Delete
    2. Hehe,, iya, padahal saya sudah ngeduga itu maksudnya.

      Delete
    3. hehehe sory yooo ada kesalahan teknis =D

      Delete
  2. saya jika sudah dapat sms kaya gtu, suka aabaikan saja kang, langsung hapus aja smsnya :D.

    ReplyDelete
  3. Aku udah ngggak percaya dengan penipuan-penipuan seperti contoh diatas mas, sudah banyak nomor yang masuk dengan iming-iming saya menang undian, sama aku selalu diabaikan saja langsung di delete :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener langsung delet aja , gak guna banget ya mbak wida .. mending nyari duit mah yang halal gitu :D

      Delete
  4. aku mah udah ga pernah di baca, kalo ada pesan kaya gitu langsung aja di hapus, sekarang modus orang emang pinter2, semata2 mau cari uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo penipunya pinter berarti kita harus pinter juga ya biar gak kalah sama dia ehehehe :D

      Delete
  5. pernah waktu itu juga aku dapet sms kayak gitu, terus dengan polosnya aku langsung aku telpon dan cek aja, ternyata dia meminta uang admin nya agar hadiahnya cepat sampai juga, untungnya ada tetangga saya yang ngasih tau, jangan percaya itu boongan katanya, setelah itu yaa udah aku hapus aja sms dan nomornya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo teledor dikit bisa kena ya -_- , coba gak ada tetangga lenyap deh tuh duit :(

      Delete
  6. harus hati-hati ya mas dengan penipuan-penipuan yang sekarang masih banyak beredar hehehe saya juga pernah dapet sms penipuan kaya gini mas tapi saya udah gak percaya sampai sama saya di balas gini sms nya "ngasih aja buat kamu aku ikhlas kok" hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus hati2 teh ipah :D , kasih kamu aja aku bner-bener ikhlas ko .. mantappp

      Delete
  7. Sepertinya penipuan melalui sms tidak akan pernah hilang yah

    ReplyDelete
  8. saya adalah (pernah) salah satu korban penipuan internet semacam ini, ga ada kapok"nya mereka ini,...............

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kudu disetrap dulu biar kapok yambak

      Delete
  9. oknum penipuan pasti ada dan bakalan ada terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah gak ada , negara kita damai hehe :D

      Delete
  10. sms2 sejenis itu juga sering saya terima mas.
    kita mesti berhati2 mendapatkan iming2 hadiah karena ujung2nya mau ditipu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas , skrang penipunya udah pada pinter2 :D harus ekstra lebih hati-hati

      Delete
  11. buat oknum-oknumnya, cari duit yang halal lah jangan tipu-tipu kayak gini .. tidak bermanfaat -_- *maaf emosi*
    alhamdulillah sampai sekarang gaa ada lagi sms kayak gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu sabar di bulan ramadhan mas..

      Delete
    2. iya harus sabar , biar alloh saja yang membalas hehe :D

      Delete
  12. Saya pernah dapat sms gituan, 2 kali malah tapi untungnya saya enggak percaya :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo percaya berarti kita bisa terjebak gan , jangan sampe deh :)

      Delete
  13. saya masih aja lo dapat yang seperti itu. padahal ini bulan puasa. terus beberapa hari lalu saya malah di telepon. hadiahnya lumayan 10 jt uang dan 1 jt pulsa. tapi dengan syarat ngasih no ATm.
    saya kepaksa boong padahal bulan puasa. heehhe. saya g punya atm. terus dia bilang kalo mau hadiahnya harus ada nomor atm. Saya ajak kongkalingkong tuh orang. gini saya bilang kalo gitu pak gimana kalo pake atm bpk saja anggap saja itu saya. nah uangnya kita bagi 2. 5 jt juga saya gpp pak. bpk 6 jt. hahahaha.
    abis itu dia bilang maaf pak perusahaan kami tidak bisa seperti itu jadi cukup sekian dulu ya pak. putus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah canggih banget tuh mang si penipu ulung , ngelesnya jago banget .. kursus dimana tau tuh dia bisa pinter gitu wkwkw =D

      Delete
  14. wah kalo saya kadang reply pake bahasa yang sangat halus wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee hehehe , iya mending seperti itu sih kalo kata saya =D

      Delete
  15. kalau ada sms yang gituan saya kurang ditanggapi langsung dihapus

    ReplyDelete
  16. Apalagi pas Ramadhan ya.. Mereka makin gencar karena banyak yang dapet THR :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beby , mau dapet THR tambahan dia haha

      Delete
  17. tetangga saya pernah ketipu sama sms gituan, udah keluar uang lagi
    kasihan

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar