July 06, 2015

Alesan kenapa kita tidak boleh menghina ?

Kenapa kita tidak boleh menghina ? dari kata menghina saja sudah kita ketahui bahwasannya itu merupakan sebuah sifat tercela yang sepatutnya tidak boleh melekat di dalam diri seseorang. Agama pun senantiasa melarang perbuatan menghina itu.

Menghina diambil dari kata " hina " yang artinya merendahkan, memandang rendah atau menyinggung orang (seperti memaki-maki, menistakan). Menghina ini banyak bentuknya, baik berupa ucapan ataupun tulisan.

Setelah zaman telah berubah dimana teknologi semakin canggih bentuk penghinaan kian mewabah variasinya. sebut saja cyber bullying salah satunya. bentuk menghina ini kerap kali sering kita temui, melalui jalur media sosial lah aktifitas ini terjadi.

Alesan mengapa tidak boleh menghina secara sederhana saya mengutip dari ceramahnya KH. Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym. beliau memberikan nasihat tentang filosofi teko. Teko itu selalu jujur, saat teko itu mengeluarkan air susu menunjukkan isi teko juga adalah air susu begitu pula apabila teko itu mengeluarkan air comberan maka isinya pula adalah air comberan. Mengambil gambaran dari teko, berlaku untuk diri kita. Apa yang keluar dari diri kita menunjukkan isi dari diri kita pula.

alesan kenapa kita tidak boleh menghina
Alesan kenapa tidak boleh menghina 
Jadi jangan pernah mengentengkan ucapan. Secara tidak sadar ucapan yang keluar dari mulut kita menunjukkan diri kita yang sebenarnya. Alangkah lebih baiknya untuk diam karena diam itu selamat dan emas.


Sadarkah kita bahwasannya manusia diciptakan oleh tuhan 2 telinga dan satu mulut ? disitu terdapat secuil makna yang tersirat, yang sebetulnya menandakan seseorang harus 2 kali lebih banyak mendengar ketimbang berbicara sob.

Bicaralah seperlunya saja bukan untuk memboroskan perkataan terlebih digunakan untuk menghina. Orang bijakpun sedikit sekali dalam urusan berbicara tapi sekalinya berbicara selalu mengandung hikmah lagi bermakna.

Dipenghujung artikel sobat tentu sudah tau kan alesan kenapa kita tidak boleh menghina ? jika sudah, masih mau kah ngelakuin hal buruk semacam ini ? semoga saja ngga ya :) . karena manusia ini tidak ada yang sempurna semua memiliki kekungan serta kelebihan. tak perlu mempersoalkan kekurangan atau kesalahan orang lain sebab hidup terlalu singkat untuk memikirkan orang lain.
Previous Post
Next Post

Ada catatan karena ada impian, ada alasan karena ada Harapan, dan semua itu membuat kita terus Berjalan :)

13 comments:

  1. Cuma 1 alasan yang pasti "Dosa Besar"

    ReplyDelete
  2. Kalau yang ngerti agama pasti bakalan tau alasan tidak boleh menghina :')
    semoga saja kita bisa terhindar dari perkataan itu :)

    ReplyDelete
  3. Tidak boleh menghina karena Alloh tidak menyukai hal tersebut.

    ReplyDelete
  4. yaa kata menghina itu memang gaa boleh dalam kehidupan kita. Kita bayangkan saja gimana rasanya kalau kita diposisi orang yang telah kita hina ? Itu aja :)

    ReplyDelete
  5. Jadi inget ini kang kao salah bnerin ya. Barang siapa yg bisa meenjaga mulit dan kemaluannya bebas milih pintu surga mau masuk dr mana aja

    ReplyDelete
  6. Orang yang suka menghina itu biasanya kurang kasih sayang....anak yang terabaikan di lingkungannya

    ReplyDelete
  7. Kadang heran juga sih sama yang suka menghina, apalagi yang udah menghina tapi ternyata sendirinya gak lebih baik dari yang dihina.

    ReplyDelete
  8. Sipp, ngk mau deh menghina.. Banyak orang mengatakan bahwa saya ini orangnya pendiam, iya karena ini, ngk mau bicara blakblakan..

    ReplyDelete
  9. Sungguh kejam perbuatan menghina itu, tidak kalah kejam nya dengan memfitnah

    ReplyDelete
  10. menghina seseorang adalah hal yang sangat tidak di sukai alloh SWT. jangan sesekali kita menghina orang lain karena menghina orang lain adalah ahlak yang tidak baik ,,,

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar