July 05, 2015

Dimanakah tempat terbaik untuk curhat ?

Tempat terbaik untuk curhat - Curhat merupakan gabungan dari kata curahan (mencurahkan) hati. Singkatnya menceritakan sesuatu apa yang ada didalam benak seseorang, baik itu urusan cinta, kehidupan, teman, keluarga dll.

Kenapa seseorang bisa curhat ? banyak opini yang keluar dari anggapan berbagai pihak terkait. Akan tetapi seseorang lumrah mengatakan curhat dikarenakan ingin mendapatkan solusi, motivasi, bimbingan untuk menghadapi masalah yang diutarakan dalam curhat.

Sebuah trend dimana jejaring social menjadi ladang curahan hati. Banyak orang memupuknya disana. namun itu bukan sebuah kebagusan untuk tempat bercurhat dikarenakan bukan cuma teman dekat kita saja yang mengetahuinya tapi seluruh temen social media baik itu kenal ataupun tidak. Bukankah sebuah masalah untuk diselesaikan dibanding dengan mengumbar-umbarnya pada social media ?.

Penyebab terjadinya curhat dimedia social menurut Dr Ida Ruwaida, Sosiolog Universitas Indonesia pada website kompas mengatakan " Ruang sosial yang makin terbatas dan ikatan emosional yang rendah dan terutama di kota-kota besar menimbulkan perubahan dalam pola interkasi masyarakat. akhirnya, teknologi digital menjadi alat untuk menyalurkan emosi alias katarsisi lewat media sosial ".

Lalu dimana kah tempat terbaik untuk curhat ?

Jawabannya iyalah orang tua merupakan tempat terbaik untuk curhat. sebab orang tua sangat mengerti anaknya seperti apa dan bagaimana untuk memberikan solusi versi terbaik untuk sang buah hati.
orang tua adalah tempat terbaik untuk curhat
orang tua tempat terbaik untuk curhat - sumber gambar: parentsdatingparents.com
Sebelum mengawali curhat tentu seseorang akan memilih dimanakah dia harus memilih. Apakah ia akan memberikannya solusi atau hanya mendengarkannya saja. jika itu bersifat pribadi/aib alias tidak boleh ada yang mengetahui kecuali dia dan si pendengar curhat, apakah dia bisa dipercaya untuk menjaganya ? jika tidak ? alhasil aib pun tersebar dari mulut ke kuping, kita pun akan malu bukan.

Lainnya hal dengan ortu (orang tua) beliau akan menjaganya sepenuh hati. Memberikan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dialami sang anak, serta memberikan dukungan penuh agar mampu menghadapi tantangan masalah. tak hanya itu ortu pun dengan ikhlas memanjatkan doa supaya diberikan kekuatan dan kemudahan dalam urusannya oleh tuhan.

Jadi masihkah kita repot mencari kesana kesini mencari tempat terbaik untuk curhat ? atau sepenuhnya berkutat pada media social ?

ingat sumber kekuatan terbesar seorang anak juga berada pada orang tua. jadi untuk apa mencari yang lain.
Nb: perlu diingat pada artikel ini beda hal nya dengan tuhan. tentu tempat paling bagus untuk curhat adalah tuhan sebab dialah yg menciptakan kita, namun artikel ini menuju pada kehidupan kita sehari hari dan sering kita temui.
Previous Post
Next Post

Ada catatan karena ada impian, ada alasan karena ada Harapan, dan semua itu membuat kita terus Berjalan :)

9 comments:

  1. Kalo sama orangtua, gue agak jarang curhat. Itu juga keseringan hal-hal yang biasa aja.

    Gue malah lebih suka curhat di tulisan, curhat di blog misalnya. :D

    ReplyDelete
  2. ia kang paling adem kalo curhat ke orang tua. hanya saja suka malu. belum lagi kalo orang tuanya tertutup dan g mau dengerin. jadi cari yang lain

    ReplyDelete
  3. Saya kalau ada masalah lebih sering saya pendam dan saya selesaikan sendiri. Memang begitu saya orangnya. Kadang kalau udah nggak kuat menahan masalah pernah sampai meleleh air mata. Hubungan dengan orang tua tidak terlalu dekat soalnya :(

    ReplyDelete
  4. kalau ke orang tua saya jarang curhat soalnya gaa tau kenapa, rasanya canggung untuk curhat pada mereka :') kadang juga aku sering curhat sama allah, karena dia yang lebih tau apa yang diinginkan hambanya :')

    ReplyDelete
  5. sayamah kalo inget orang tua teh suka nangis kang. belum bisa berbakti sayah sama orang tua. mau curhat jadi malu sama orangtua. belum bisa berbakti pdahal pengen banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar kang dan yang penting kita sebagai anak memperhatikan atau terus mendoakan orang tua dengan kesungguhan serta ketulusan...

      Delete
  6. kalau udah terbiasa curhat dengan orang tua itu akan menambah kemesraan hubungan dalam keluarga dan orang tua juga pasti akan mencarikan jalan keluarnya, kalau gak bisa dengan materi, ya tenaga, pikiran, atau hanya saran yang bagus untuk dijalankan.

    ReplyDelete
  7. Meskipun banyak masalah, saya sering curhat ke pada orang tua, terutama dengan bu saya.. Tapi apakah salah mas curhat lewat sosial media?

    ReplyDelete
  8. Kalo saya sih kalo ada masalah paling curhat ke temen, malu kalo curhat ke ortu hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar