August 11, 2015

5 tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia

Siapa sih yang gak tau hari kemerdekaan republik Indonesia ? atau hari lahirnya Negara Indonesia ?
Tentu Hampir semua rakyat Indonesia tau lah dengan tanggal itu, khususnya bagi orang yang mengenyam pendidikan formal, pasti tau. Misalkan gak tau parah sekali, saya saran kan mending balik lagi deh ke sekolah dasar :D , masaaaa selama bersekolah gak pernah diajarkan atau dikasih tau sejarah tentang kemerdekaan Indonesia. oke cukup itu hanya bercanda.

Baca juga " Musim kemarau yang panjang tahun ini akibat dari Badai Elnino "

Sejarah menulis, pada tahun 1945 bulan agustus tanggal 17, Negara Republik indonesia mengumumkan kemerdekaannya. Kebebasan dari para penjajah merupakan cikal bakal terbentuknya proklamasi kemerdekaan. Namun sebelum kemerdekaan itu terjadi, terdapat beberapa tokoh yang turut andil memperjuangkannya. Siapa saja itu ?



Tokoh - tokoh pejuang hari kemerdekaan ( proklamasi ) 

1. Ir Soekarno

Presiden pertama yang biasa disapa dengan sebutan bung karno ini merupakan pejuang kemerdekaan indonesia. Begitu banyak sekali jasanya untuk bangsa kita. diantaranya menyusun teks proklamasi dan membacakan teks proklamasi dikediamannya di jalan pegangsaan timur no. 56 jakarta

2. Drs. Moh. Hatta

Wakil presiden pertama atau populer dengan sebutan bung hatta ini ternyata beliau juga adalah bapak koperasi indonesia lohh. Salah satu jasa beliau adalah perumusan pancasila dan perancangan teks proklamasi bersama Ir Soekarno

3. Mr. Achmad Soebardjo

Pejuang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini lahir di karawang, jawa barat 23 maret 1986. Beliau merupakan mentri luar negri Indonesia pertama kalinya. salah satu jasa Achmad Soebardjo adalah merancang UUD RI bersama dengan Mr. A.A. Maramis  dan Mr. Dr. Soepomo, Merancang teks proklamasi bersama presiden dan wakil presiden pertama, dan pada saat menjelang proklamasi kemerdekaan indonesia beliau menjadi salah satu anggota BPPKI

4. Laksamana Tadashi Maeda

Beliau memang bukan orang indonesia, beliau itu orang jepang, namun kepedulian beliau begitu amat besar bagi Indonesia. salah satu jasa beliau adalah memberikan jaminan keamanan pada saat merumuskan teks proklamasi dirumahnya kepada angkatan darat kekaisaran jepang.

5. Sukarni 

Sukarni dengan nama lengkapnya Sukarni Kartodiwirjo merupakan tokoh pemuda asal jawa timur salah satu jasanya adalah dia merupakan salah satu kelompok anak muda yang mendesak pasangan Soekarno-Hatta untuk memproklamasi kan kemerdekaan negara RI pada tanggal 17 Agustus 1945, dan dia tidak menginginkan pasangan tiu berpikir secara lama untuk menyatakan kemerdekaan.

itu dia 5 tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan RI. Jasanya yang begitu amat besar sangat berharga, hingga sampai saat ini pun masih terasa. Semoga jasa-jasa beliau masih bisa kita rasakan hingga akhir nanti amiieen :)
Previous Post
Next Post

Ada catatan karena ada impian, ada alasan karena ada Harapan, dan semua itu membuat kita terus Berjalan :)

68 comments:

  1. Mari berdoa untuk jasa para pahlawan proklamasi kita dengan menjadi anak muda yang lebih kreatif dan bermoral tentunya. Merdeka !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. merdeka !!! semoga bisa menjadi seperti beliau2 yang sudah memperjuangkan tanah air kita :)

      Delete
    2. 5 tokoh itu idola saya, tapi yang paling keren adalah Laksamana Meida, kenapa coba?

      Delete
    3. kenpa ya mang ? hayooo mang lembu jatuh hati ya wkwkw :D

      Delete
  2. Berkat beliau-beliaulah sekarang kita bisa hidup tenang dan aman di negri ini.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo gak ada beliau udah beda cerita kali ya :-d

      Delete
  3. mumpung menjelang 17an, sepatutnya mengulas dan mengenang kembali jasa mereka, supaya tdk lupa dengan sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang biar inget jasa besar mmereka

      Delete
    2. kalo udah lupa sama sejarah parah sekaliiii :) , hehehe

      Delete
    3. perjuangan mereka harus kita lanjutkan

      Delete
    4. iya mang betul harus kita lanjutkan :)

      Delete
    5. nanti aja deh kalo saya punya cucu gimna ? hahayde :D

      Delete
  4. saya kemana aja ya. jujur aja kang yang pak sukarni kurang begitu ngeh dengan namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh mang adulsss varah hehehe hihi , tapi gak apa2 ... sekarang udah tau kan :-?

      Delete
    2. harus banyak di ingetkan nih kag. udah varahhhhh. :)

      Delete
    3. ahaha dengan senang hati saya akan membantu mengingatkan :>)

      Delete
  5. semoga bukan jadi bangsa yang lupa dengan sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieen , semoga aja seperti itu gan :)

      Delete
    2. Tapi sekarang anak muda indonesia jarang ada yang tau sejarah..... hahaha

      Delete
    3. anak zaman sekarang mah udah pada tau cinta ya kang :D

      Delete
    4. SD aja udah panggilannya ayah bunda... giliran putus g mau dibilang janda...

      Delete
    5. kalo udah begitu gmana ya hehe :D

      Delete
    6. kayanya mang aduls mau kawin lagi nih wwkw ehhhh maaf keceplosan :D

      Delete
  6. merdeka :) tinggal kita penerus bangsa yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan negara tercinta ini, negara INDONESIA tercinta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja banyak ya yang bisa meneruskan para pejuang kita , merdeka !! :D

      Delete
    2. ya kita-kita inilah generasi muda yang harus meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu... merdekaaaaa....

      Delete
    3. betul sekali mas marnes , biar sudah tua tapi semangat tetap muda 8-)

      Delete
  7. kalau menghitung pahlawan pejuang proklamasi sebenernya masih banyak yg lainnya yamas,tp memang nama2 diatas yg utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas yanto masih banyak banget , tapi saya ngambil yang intinya langsung :)

      Delete
    2. besok dibikinin artikel tentang pahlawan cadangannya yamas :D

      Delete
    3. siap mas yan nanti saya bikinin :D , mas yan mau saya masukin di list pahlawan cadangan gak :-?

      Delete
    4. mas yan kan tokoh berpengaruh di Indonesia x-)

      Delete
  8. Bangsa yang beasar adalah bangsa yang menghargai sejarah tinggal kita mengisinya jangan sia siakan pengorbanan para pahlawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice !!! itu dia anak muda yang dicari selama ini hehe

      Delete
    2. ingat pesan Bung Karno, JASMERAH...
      Jangan sekali-kali melupakan sejarah

      Delete
    3. mas marnes bisa aja , tapi bener juga itu ya , soalnya saya baru tau sih hehe :D

      Delete
    4. mari sekarang kita melakukan upacara

      Delete
  9. Replies
    1. iya belum saya ubah .. soalnya artikel nya masih dikit jadi kategori nya blom terlalu greget hehe :D

      Delete
  10. Semangat juang yang dimiliki oleh para pejuang dulu,
    harus kita tumbuhkan pada diri kita sebagai penerus bangsa.

    Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 70
    Merdeka !

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali , harus dimiliki pada diri kita dan diaplikasikan secara berkesinambungan

      Merdeka !!!

      Delete
  11. untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, mari kita mengheningkan cipta semoga para arwah pahlawan diterima amal baiknya, mengheningkan cipta mulai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiieen ya rob :)
      tapi ko udah kaya upacara ya harus mengheningkan cipta hihi

      Delete
  12. salut buat kelima tokoh tsb dan pahlawan lainnya yang telah berjuang mengusir penjajahan secara fisik kepada bangsa kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. merdekaa !!! semoga indonesia menjadi lebih baik ya mas :)

      Delete
  13. 5 tokoh jasanya yang begitu amat besar :)
    merdeka

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya masih bannyak sih yang paling bejasa , tapi cuma ngambil sedikit doang hihi

      Merdekaa !!!

      Delete
  14. ke lima tokoh penting dikala Indonesia hendak ber proklamasi kemerdekaan, jika saja kelima tokoh diatas ngga ada, entah jadi apa kita sekarang ini ya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bukan tahun 45 kita merdeka kang , kalo gak ada beliau-beliau :D

      Delete
  15. para tokoh pemuda seperti juru ketik dan anggota peta juga merupakan tokoh penting lho mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak , tapi saya lupa masukin ke dalam listnya , ups sorry hihi

      Delete
  16. 5 orang di atas memang sangat berjasa bagi Indonesia. Saya sangat salut sama Laksamana Tadashi Maeda, walaupun dia orang jepang tapi ia berjasa bagi kita :) Keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laksamana Tadashi Maeda gituu hihi , beliau sangat peduli sama bangsa kita pada waktu itu , coba gak ada ... mungkin untuk membuat teks proklamasi sulit dan gak aman yaa

      Delete
  17. Kalo yang sempet nyulik ke RengasDengklok siapa dah? Baca ini berasa belajar IPS pas SD-SMP.

    Gue malah baru inget kalo ada Sukarni. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. jin yog yang nyulik nya :P , jadi nostalgia waktu sekolah ya :-t

      Delete
  18. ralat: diartkel Mr. Achmad Soebardjo lahir pada tanggal 23 maret 1986 seharusnya 23 Maret 1896.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas koreksi nya sob :) , nanti saya perbaiki

      Delete
  19. tokoh tokoh ini memang patut di teladani dalam mebela negara.
    mas naim paling mengidolakan siapa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya pastinya mengidolakan presiden pertama RI dong hehe 8-) , kalo sendiri mengidolakan siapa ya :-?

      Delete
  20. ternyata ada nama Sukarni Kartodiwirjo...orang banyak gak tau kalau sukarni juga terlibat dalam penculikan rengas dengklok, yaitu menculik presiden untuk segera mengumumkan kemerdekaan atau dikenal dengan proklamasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbah dinan , tapi parah juga ya presiden sampe diculik gitu :D , coba sekarang kalo presiden diculik itu gimana ya tindakannya :-t

      Delete
  21. artikelnya sangat menarik nih gan, tapi akan terlihat lebih baik kalo setiap tokohnya di beri foto masing-masing

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar