MASIGNCLEAN101

5 tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia

Siapa sih yang gak tau hari kemerdekaan republik Indonesia ? atau hari lahirnya Negara Indonesia ?
Tentu Hampir semua rakyat Indonesia tau lah dengan tanggal itu, khususnya bagi orang yang mengenyam pendidikan formal, pasti tau. Misalkan gak tau parah sekali, saya saran kan mending balik lagi deh ke sekolah dasar :D , masaaaa selama bersekolah gak pernah diajarkan atau dikasih tau sejarah tentang kemerdekaan Indonesia. oke cukup itu hanya bercanda.

Baca juga " Musim kemarau yang panjang tahun ini akibat dari Badai Elnino "

Sejarah menulis, pada tahun 1945 bulan agustus tanggal 17, Negara Republik indonesia mengumumkan kemerdekaannya. Kebebasan dari para penjajah merupakan cikal bakal terbentuknya proklamasi kemerdekaan. Namun sebelum kemerdekaan itu terjadi, terdapat beberapa tokoh yang turut andil memperjuangkannya. Siapa saja itu ?



Tokoh - tokoh pejuang hari kemerdekaan ( proklamasi ) 

1. Ir Soekarno

Presiden pertama yang biasa disapa dengan sebutan bung karno ini merupakan pejuang kemerdekaan indonesia. Begitu banyak sekali jasanya untuk bangsa kita. diantaranya menyusun teks proklamasi dan membacakan teks proklamasi dikediamannya di jalan pegangsaan timur no. 56 jakarta

2. Drs. Moh. Hatta

Wakil presiden pertama atau populer dengan sebutan bung hatta ini ternyata beliau juga adalah bapak koperasi indonesia lohh. Salah satu jasa beliau adalah perumusan pancasila dan perancangan teks proklamasi bersama Ir Soekarno

3. Mr. Achmad Soebardjo

Pejuang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini lahir di karawang, jawa barat 23 maret 1986. Beliau merupakan mentri luar negri Indonesia pertama kalinya. salah satu jasa Achmad Soebardjo adalah merancang UUD RI bersama dengan Mr. A.A. Maramis  dan Mr. Dr. Soepomo, Merancang teks proklamasi bersama presiden dan wakil presiden pertama, dan pada saat menjelang proklamasi kemerdekaan indonesia beliau menjadi salah satu anggota BPPKI

4. Laksamana Tadashi Maeda

Beliau memang bukan orang indonesia, beliau itu orang jepang, namun kepedulian beliau begitu amat besar bagi Indonesia. salah satu jasa beliau adalah memberikan jaminan keamanan pada saat merumuskan teks proklamasi dirumahnya kepada angkatan darat kekaisaran jepang.

5. Sukarni 

Sukarni dengan nama lengkapnya Sukarni Kartodiwirjo merupakan tokoh pemuda asal jawa timur salah satu jasanya adalah dia merupakan salah satu kelompok anak muda yang mendesak pasangan Soekarno-Hatta untuk memproklamasi kan kemerdekaan negara RI pada tanggal 17 Agustus 1945, dan dia tidak menginginkan pasangan tiu berpikir secara lama untuk menyatakan kemerdekaan.

itu dia 5 tokoh pejuang proklamasi kemerdekaan RI. Jasanya yang begitu amat besar sangat berharga, hingga sampai saat ini pun masih terasa. Semoga jasa-jasa beliau masih bisa kita rasakan hingga akhir nanti amiieen :)
Share This :
Khoirun Naim

Hanya seorang peternak biasa " Merendahlah sampai orang tak mampu merendahkanmu " 

avatar

Mari berdoa untuk jasa para pahlawan proklamasi kita dengan menjadi anak muda yang lebih kreatif dan bermoral tentunya. Merdeka !!!

11 August 2015 at 04:40
avatar

Berkat beliau-beliaulah sekarang kita bisa hidup tenang dan aman di negri ini.....

11 August 2015 at 06:25
avatar

mumpung menjelang 17an, sepatutnya mengulas dan mengenang kembali jasa mereka, supaya tdk lupa dengan sejarah

11 August 2015 at 12:14
avatar

bener kang biar inget jasa besar mmereka

11 August 2015 at 18:05
avatar

saya kemana aja ya. jujur aja kang yang pak sukarni kurang begitu ngeh dengan namanya

11 August 2015 at 18:06
avatar

semoga bukan jadi bangsa yang lupa dengan sejarah

11 August 2015 at 21:31
avatar

merdeka :) tinggal kita penerus bangsa yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan negara tercinta ini, negara INDONESIA tercinta :)

12 August 2015 at 21:28
avatar

mungkin kalo gak ada beliau udah beda cerita kali ya :-d

13 August 2015 at 00:57
avatar

merdeka !!! semoga bisa menjadi seperti beliau2 yang sudah memperjuangkan tanah air kita :)

13 August 2015 at 01:16
avatar

kalo udah lupa sama sejarah parah sekaliiii :) , hehehe

13 August 2015 at 01:40
avatar

waduh mang adulsss varah hehehe hihi , tapi gak apa2 ... sekarang udah tau kan :-?

13 August 2015 at 01:50
avatar

amieen , semoga aja seperti itu gan :)

13 August 2015 at 02:10
avatar

semoga saja banyak ya yang bisa meneruskan para pejuang kita , merdeka !! :D

13 August 2015 at 03:41
avatar

kalau menghitung pahlawan pejuang proklamasi sebenernya masih banyak yg lainnya yamas,tp memang nama2 diatas yg utama

13 August 2015 at 09:12
avatar

iya mas yanto masih banyak banget , tapi saya ngambil yang intinya langsung :)

13 August 2015 at 12:07
avatar

Tapi sekarang anak muda indonesia jarang ada yang tau sejarah..... hahaha

13 August 2015 at 18:25
avatar

harus banyak di ingetkan nih kag. udah varahhhhh. :)

13 August 2015 at 20:01
avatar

perjuangan mereka harus kita lanjutkan

13 August 2015 at 20:01
avatar

Bangsa yang beasar adalah bangsa yang menghargai sejarah tinggal kita mengisinya jangan sia siakan pengorbanan para pahlawan

14 August 2015 at 00:50
avatar

iya mang betul harus kita lanjutkan :)

14 August 2015 at 13:49
avatar

ahaha dengan senang hati saya akan membantu mengingatkan :>)

14 August 2015 at 13:50
avatar

anak zaman sekarang mah udah pada tau cinta ya kang :D

14 August 2015 at 13:51
avatar

nice !!! itu dia anak muda yang dicari selama ini hehe

14 August 2015 at 13:53
avatar

gan menu ente gak ente ubah??

14 August 2015 at 14:56
avatar

iya belum saya ubah .. soalnya artikel nya masih dikit jadi kategori nya blom terlalu greget hehe :D

14 August 2015 at 15:13
avatar

SD aja udah panggilannya ayah bunda... giliran putus g mau dibilang janda...

14 August 2015 at 18:37
avatar

Semangat juang yang dimiliki oleh para pejuang dulu,
harus kita tumbuhkan pada diri kita sebagai penerus bangsa.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 70
Merdeka !

14 August 2015 at 19:59
avatar

untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, mari kita mengheningkan cipta semoga para arwah pahlawan diterima amal baiknya, mengheningkan cipta mulai :)

14 August 2015 at 20:33
avatar

ingat pesan Bung Karno, JASMERAH...
Jangan sekali-kali melupakan sejarah

14 August 2015 at 20:35
avatar

ya kita-kita inilah generasi muda yang harus meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu... merdekaaaaa....

14 August 2015 at 20:36
avatar

salut buat kelima tokoh tsb dan pahlawan lainnya yang telah berjuang mengusir penjajahan secara fisik kepada bangsa kita

14 August 2015 at 21:10
avatar

5 tokoh jasanya yang begitu amat besar :)
merdeka

14 August 2015 at 21:12
avatar

ke lima tokoh penting dikala Indonesia hendak ber proklamasi kemerdekaan, jika saja kelima tokoh diatas ngga ada, entah jadi apa kita sekarang ini ya kang.

14 August 2015 at 21:44
avatar

para tokoh pemuda seperti juru ketik dan anggota peta juga merupakan tokoh penting lho mas :)

15 August 2015 at 02:09
avatar

besok dibikinin artikel tentang pahlawan cadangannya yamas :D

15 August 2015 at 07:44
avatar

5 orang di atas memang sangat berjasa bagi Indonesia. Saya sangat salut sama Laksamana Tadashi Maeda, walaupun dia orang jepang tapi ia berjasa bagi kita :) Keren deh

15 August 2015 at 21:28
avatar

Kalo yang sempet nyulik ke RengasDengklok siapa dah? Baca ini berasa belajar IPS pas SD-SMP.

Gue malah baru inget kalo ada Sukarni. XD

16 August 2015 at 04:32
avatar

kalo udah begitu gmana ya hehe :D

16 August 2015 at 12:37
avatar

betul sekali mas marnes , biar sudah tua tapi semangat tetap muda 8-)

16 August 2015 at 12:40
avatar

siap mas yan nanti saya bikinin :D , mas yan mau saya masukin di list pahlawan cadangan gak :-?

16 August 2015 at 12:47
avatar

mas marnes bisa aja , tapi bener juga itu ya , soalnya saya baru tau sih hehe :D

16 August 2015 at 14:13
avatar

betul sekali , harus dimiliki pada diri kita dan diaplikasikan secara berkesinambungan

Merdeka !!!

16 August 2015 at 14:28
avatar

amiieen ya rob :)
tapi ko udah kaya upacara ya harus mengheningkan cipta hihi

16 August 2015 at 14:43
avatar

merdekaa !!! semoga indonesia menjadi lebih baik ya mas :)

16 August 2015 at 15:18
avatar

sebenernya masih bannyak sih yang paling bejasa , tapi cuma ngambil sedikit doang hihi

Merdekaa !!!

16 August 2015 at 15:20
avatar

mungkin bukan tahun 45 kita merdeka kang , kalo gak ada beliau-beliau :D

16 August 2015 at 15:24
avatar

iya bener mbak , tapi saya lupa masukin ke dalam listnya , ups sorry hihi

16 August 2015 at 15:26
avatar

Laksamana Tadashi Maeda gituu hihi , beliau sangat peduli sama bangsa kita pada waktu itu , coba gak ada ... mungkin untuk membuat teks proklamasi sulit dan gak aman yaa

16 August 2015 at 15:28
avatar

jin yog yang nyulik nya :P , jadi nostalgia waktu sekolah ya :-t

16 August 2015 at 15:30
avatar

mari sekarang kita melakukan upacara

16 August 2015 at 20:14
avatar

5 tokoh itu idola saya, tapi yang paling keren adalah Laksamana Meida, kenapa coba?

16 August 2015 at 20:45
avatar

ralat: diartkel Mr. Achmad Soebardjo lahir pada tanggal 23 maret 1986 seharusnya 23 Maret 1896.. terimakasih

16 August 2015 at 21:26
avatar

tokoh tokoh ini memang patut di teladani dalam mebela negara.
mas naim paling mengidolakan siapa mas

18 August 2015 at 21:38
avatar

kenpa ya mang ? hayooo mang lembu jatuh hati ya wkwkw :D

19 August 2015 at 02:53
avatar
Anonymous

ternyata ada nama Sukarni Kartodiwirjo...orang banyak gak tau kalau sukarni juga terlibat dalam penculikan rengas dengklok, yaitu menculik presiden untuk segera mengumumkan kemerdekaan atau dikenal dengan proklamasi.

19 August 2015 at 10:33
avatar

nanti aja deh kalo saya punya cucu gimna ? hahayde :D

19 August 2015 at 12:31
avatar

kayanya mang aduls mau kawin lagi nih wwkw ehhhh maaf keceplosan :D

19 August 2015 at 14:31
avatar

mas yan kan tokoh berpengaruh di Indonesia x-)

19 August 2015 at 14:55
avatar

terima kasih atas koreksi nya sob :) , nanti saya perbaiki

19 August 2015 at 15:00
avatar

kalo saya pastinya mengidolakan presiden pertama RI dong hehe 8-) , kalo sendiri mengidolakan siapa ya :-?

19 August 2015 at 15:11
avatar

betul mbah dinan , tapi parah juga ya presiden sampe diculik gitu :D , coba sekarang kalo presiden diculik itu gimana ya tindakannya :-t

19 August 2015 at 15:14
avatar

artikelnya sangat menarik nih gan, tapi akan terlihat lebih baik kalo setiap tokohnya di beri foto masing-masing

15 September 2015 at 21:11